WASPADA JALAN RAWAN KECELAKAAN



WASPADAI JALAN RAWAN KECELAKAAN

 

 

Waspadai Jalan Rawan Kecelakaan
Ketika Anda sedang mengemudi mobil Anda dengan keluarga, nampaknya Anda harus lebih berhati-hati ketika Anda sedang melewati jalan yang terkenal dengan rawan kecelakaan. Jalan yang disebutkan sebagai jalan rawan kecelakaan pada umumnya mempunyai kriteria tertentu. Berikut adalah beberapa kriteria jalan yang rawan kecelakaan.

Jalan berlubang
Salah satu kriteria jalan yang termasuk rawan untuk dilewati oleh kendaraan bermotor baik kendaraan beroda dua mapun kendaraan beroda empat adalah jalan yang berlubang. Jalan berlubang pada umumnya disebabkan oleh rusaknya lapisan aspal pada jalan. Lapisan aspal yang rusak akan menjadi sebuah lubang yang lebih besar karena sering dilewati oleh ban-ban mobil yang besar. Jalan yang berlubang tersebut akan sangat berbahaya bagi kendaraan yang melewatinya. Tak jarang jika banyak kendaraan mengalami kecelakaan hanya karena ingin menghindari jalan berlubang tersebut. Atau kecelakaan kendaraan sering sekali terjadi ketika sedang musim hujan dimana jalan tertutup dengan air yang menggenang. Para pengemudi seringnya tidak mengetahui bahwa di depan mereka terdapat lubang besar. Ketika pengendara melewati lubang besar tersebut, kendaraan yang sedang dikemudikan akan oleng dan menimpa atau tertabrak kendaraan lain.

Jalan bergelombang
Tidak hanya jalan berlubang saja yang berbahaya bagi semua pengendara kendaraan bermotor, akan tetapi jalan bergelombang juga termasuk kriteria jalan yang berbahaya dan rawan menimbulkan kecelakaan. Mekanisme dan kronologisnya akan serupa dengan kronologis kecelakaan yang disebabkan oleh jalan berlubang. Namun jalan bergelombang ini jauh lebih rendah resiko kecelakaan yang ditimbulkan karena kondisi jalan yang kurang layak untuk digunakan. Jalan bergelombang disebabkan oleh kondisi lapisan aspal yang memuai karena terkena panas. Di samping itu, kualitas aspal yang kurang bagus akan mempengaruhi keawetan lapisan aspal pada jalan. Faktor lain yang menimbulkan jalan bergelombang adalah material penopang lapisan aspal yang tidak kuat sehingga akan mudah terburai dan menimbulkan gelombang pada jalan. Terkadang juga karena bencana alam seperti gempa bumi yang kuat bisa saja akan menyebabkan jalan beraspal menjadi bergelombang.

Jalan licin
Kriteria berikutnya adalah adanya jalanan yang licin akibat hujan dan lumpur di sekitar jalan raya. Mungkin sekilas jalan tersebut terlihat bagus dan aman, namun pada saat kondisi hujan, lumpur yang berada di tepi jalan akan terbawa oleh air masuk ke jalan atau terbawa oleh ban kendaraan lain yang melewati tepi jalan yang tidak beraspal. Akibatnya terdapat lapisan lumpur di sekitar jalan dan menyebabkan jalanan menjadi licin karena tercampur dengan air hujan. Banyak peristiwa kecelakaan yang disebabkan oleh licinnya jalan yang dilewati oleh pengendara mobil atau motor. Ketika kendaraan sedang melaju kencang di jalan yang licin, terkadang kendaraan tersebut tergelincir dan rem pun tak berfungsi. Akibatnya tabrakan antar kendaraan pun tak terhindarkan lagi. Oleh karena itu Anda harus waspada dengan jalan yang rawan tersebut dan tetap mengemudi dengan kecepatan yang konstan.

Dapatkan informasi Harga Mobil Daihatsu , diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Daihatsu surabaya .

Berita lain

TIPS MENGHEMAT BBM

WASPADAI JALAN RAWAN KECELAKAAN     Ketika Anda sedang mengemudi ....

BURSA SEKEN DAIHATSU DI SURABAYA

WASPADAI JALAN RAWAN KECELAKAAN     Ketika Anda sedang mengemudi ....

PT. Astra Daihatsu Motor bersama Korlantas Polri meluncurkan buku "Ayo Mengenal Rambu Lalu Lintas" s

WASPADAI JALAN RAWAN KECELAKAAN     Ketika Anda sedang mengemudi ....

VINNA - ASTRA DAIHATSU