Tips Transmisi Automatic dan Manual



Para pengguna kendaraan bermotor, terutama mobil kini semakin dimanjakan dengan teknologi-teknologi terbaru yang ada. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga terus berusaha menerapkan teknologi-teknologi yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi para Sahabat penggunanya. Salah satunya adalah transmisi automatic yang memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi para penggunanya. Namun demikian, belum semua pengguna terbiasa dengan sistem transmisi baru tersebut, baik berupa penggunaan maupun perawatannya.

Salah satu aspek terpenting untuk diperhatikan adalah penggantian oli transmisi secara rutin sesuai buku service. Jika tidak dilakukan dengan rutin, tarikan mesin akan terasa berat dan dapat merusak komponen transmisi. Selain itu, penggantian oli transmisi menggunakan oli standar menjadi komponen tersendiri. Penggantian oli sebaiknya menggunakan oli berkualitas Genuine Daihatsu,  hal tersebut untuk menjamin keawetan transmisi.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatkan terkait dengan transmisi meliputi pemeriksaan level secara berkala, pengecekan kebocoran, penggantian filter oli (pada transmisi automatic). Pemeriksaan level oli secara berkala ketika akan digunakan beraktifitas berguna untuk mengecek level standar oli. Kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi. Pada transmisi manual dan automatic, pengecekan kebocoran oli berguna untuk mengetahui kondisi kendaraan. Kebocoran oli dapat menyebabkan berkurangnya atau habisnya level Oli yang menjadikan transmisi rusak. Pada transmisi Automatic, penggantian filter oli juga harus diperhatikan untuk menghindari adanya kerusakan pada komponen transmisi.

Para pengguna mobil tentunya sudah terbiasa dengan penggunaan transmisi manual. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas komponen. Salah satunya adalah jangan membiasakan memasukan Gigi pada saat Parkir. Hal tersebut merupakan tindakan tidak Safety dan dapat merusak komponen Transmisi. Selain itu, pada transmisi manual jangan membiasakan mendorong mobil pada saat Aki soak, tetapi gunakan kabel Jumper untuk menghidupkannya. Alasannya, kebiasaan menghidupkan mesin dengan didorong dapat merusak komponen Transmisi Manual.

Sedangkan untuk transmisi automatic, berikut ini beberapa tips penggunaannya:
Sedangkan, untuk penggunaan transmisi automatic terdapat beberapa acuan. Berikut acuan tersebut:
1.    Pada Transmisi Automatic, Posisi 1 untuk tanjakan dan turunan curam.
2.    Pada Transmisi Automatic, Posisi 2 untuk tanjakan dan turunan tidak begitu Curam.
3.    Pada Transmisi Automatic, Posisi 3 dan D sama, tetapi  Over Drive berfungsi pada D.
4.    Over Drive O/D, digunakan dalam kecepatan tinggi dalam waktu lama, berfungsi untuk menurunkan putaran mesin sehingga dapat menurunkan konsumsi bahan bakar.
5.    Posisi P (Parking), digunakan pada saat kendaraan Parkir, berfungsi untuk Safety.
6.    Pada saat lampu merah, posisi D digeser ke N untuk Safety dan merawat Transmisi Automatic.
7.    Untuk kendaraan Transmisi Automatic apabila mogok dijalan, direkomendasikan untuk Car Carrier (Digendong), untuk mencegah rusaknya Transmisi Automatic.

 

Berita lain

TIPS MENGHEMAT BBM

Para pengguna kendaraan bermotor, terutama mobil kini semakin dimanjakan dengan ....

BURSA SEKEN DAIHATSU DI SURABAYA

Para pengguna kendaraan bermotor, terutama mobil kini semakin dimanjakan dengan ....

PT. Astra Daihatsu Motor bersama Korlantas Polri meluncurkan buku "Ayo Mengenal Rambu Lalu Lintas" s

Para pengguna kendaraan bermotor, terutama mobil kini semakin dimanjakan dengan ....

VINNA - ASTRA DAIHATSU